Mahasiswa KKN STISIPOL Olah Tanah dan belajar cara Pemupukan - STISIPOL RAJA HAJI TANJUNGPINANG

Hot

STISIPOL

STISIPOL Raja Haji

Senin, 20 Juli 2020

Mahasiswa KKN STISIPOL Olah Tanah dan belajar cara Pemupukan

Isep Ilham Ketua Kelompok 12 KKN STISIPOL Raja Haji saat memupuk cabe dengan Pupuk kandang. 

TANJUNGPINANG - Kelompok Mahasiswa Kuliah Kerja Nyata Pengabdian Masyarakat (KKN-PM) Tahun 2020 Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang mempelajari proses pengolahan tanah dan pemupukan terhadap tanaman dengan menggunakan pupuk kandang.

Kelompok Mahasiswa ini yaitu dari kelompok 12 Kota Tanjungpinang.

Isep Ilhami selaku ketua kelompok mengatakan kegiatan dalam minggu kedua pada hari Sabtu (18/7) kemaren.

Isep mengatakan Pelaksanaan KKN-PM kelompok mereka melaksanakan pembuatan bidang (bedeng) untuk penanaman bibit yang akan mereka jalankan selama KKN nanti.

Ijal Anggota kelompok 12 KKN-PM saat mengolah lahan sebelum Memberikan Pupuk.

"kami dari kelompok 12 pada minggu kedua, kami persiapan lahan untuk menanam bibit. Dimana bibit yang akan kami tanam ini bisa panen dalam masa waktu yang di berikan selama KKN yaitu 30 hari kedepan " ungkap Mahasiswa dari Prodi Administrasi Publik tersebut.

Ia melanjutkan, bahwa bibit yang akan mereka tanam nanti yaitu sejenis sayur-sayuran yang masa panen nya cepat.

"nanti kami kelompok 12 akan menanam sayuran seperti bayam, kangkung, kacang panjang dan ketimun, " ucapnya.

Selain dalam pembuatan bidang untuk tanam bibit, Kelompok 12 yang bekerja sama dengan kelompok tani segantang lada ini dari kelompok tani kelurahan pinang kencana ini juga mempelajari tentang bagaimana proses pemupukan dengan  pupuk kandang.

Mengolah tanah membuat bedeng.

"Disela waktu pembuatan bedeng untuk tanaman kami, kami juga mempelajari bagaimana perawatan dalam tanaman, seperti bagaimana proses pemupukan dengan pupuk kandang dan juga bagaimana perawatan tanaman," Lanjutnya.

Isep dan kelompok nya sangat bersemangat dalam menjalani kegiatan KKN ini. Dimana mereka mendapatkan respon yang baik dari mitra dan juga diberikan dukungan terhadap mereka.

"kami sangat senang dan semangat menjalani KKN ini, karena kami dapat respon yang baik dan support dari mitra dan pengetahuan yang lebih tentang bagaimana cara proses dalam bidang pertanian. Dan dengan begitu kami juga mengerti begitu pentingnya ketahanan pangan di masyarakat apalagi dalam masa pandemi Covid-19 ini," tuturnya.

Di kelompok Tani Segantang Lada yang merupakan mitra dari kelompok 13 KKN-PM STISIPOL Raja Haji ini juga ada bagian perikanannya. Dimana ada beberapa kolam ikan Nila.(*)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot