Mapala Hang Tuah STISIPOL Raja Haji melaksanakan Diksar Ke XVI - STISIPOL RAJA HAJI TANJUNGPINANG

Hot

STISIPOL

STISIPOL Raja Haji

Selasa, 17 Desember 2019

Mapala Hang Tuah STISIPOL Raja Haji melaksanakan Diksar Ke XVI


Anggota Mapala Hang Tuah STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang foto bersama di Gunung Lengkuas, Bintan dalam rangka Pendidikan Dasar (Diksar) untuk anggota baru. F-Istimewa/Mapala Hang Tuah STISIPOL.

TANJUNGPINANG - Mahasiswa Pencinta Alam (Mapala) Hang tuah Sekolah Tinggi Ilmu Sosial dan Ilmu Politik (STISIPOL) Raja Haji Tanjungpinang melaksanakan Pendidikan Dasar (Diksar) Angkatan ke XVI anggota baru Mapala Hang Tuah.

Ketua Umum Mapala Hang Tuah Zainul Abidin mengatakan diksar ini dilaksanakan untuk para calon anggota Mapala Hang Tuah. Dimana sebelum dilaksanakan Diksar ada kegiatan pra diksar.

Untuk merekrut anggota baru Mapala Hang Tuah, kami melaksanakan kegiatan seperti nonton bareng tentang film pencinta Alam, manjat tebing, dan camping bareng bersama calon anggota untuk memperkenalkan UKM Mapala Hang Tuah.

"Dari 14 calon anggota, yang berani dan tangguh ada 5 orang yang berhasil sampai tahap pendidikan dasar, Ungkap Zainul kepada Tanjungpinang Pos.
Foto bersama di kampus STISIPOL Raja Haji sebelum berangkat Diksar ke Gunung Lengkuas. F-Istimewa/Mapala Hang Tuah
Diksar ini dilaksanakan  selama 5 hari dan di 2 tempat,  dimana dihari pertama, Selasa(10/12) upacara pembukaan dan malam karantina di Kampus STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang dan tanggal 11 sampai 14 di Gunung Lengkuas, Kijang, Kecamatan Bintan Timur, Bintan.

Sebelum sampai di tahap pendidikan dasar di lapangan, Mapala Hang Tuah juga melakukan persiapan mulai dari pembentukan panitia, mengurus perizinan, survey lokasi diksar, mengurus pendanaan dan materi ruang.

" kalau materi ruang yang di ajarkan seperti materi keorganisasian, manajemen perjalanan, Navigasi Darat, SAR & PPGD, survival, tali-temali & trap, Rock climbing, konservasi. Kalau dilapangan itu hanya praktek dari materi yang di ajarkan saat di materi ruang," tuturnya.

Kalau di tanya program apa aja yang akan di laksanakan kedepannya. Zainul menjawab masih ada beberapa program wajib yang harus di jalankan seperti pendidikan Lanjutan Mapala Hang Tuah, Diesnatalis Mapala Hang Tuah ke-17.

"Biasanya di Kepengurusan saya, soal program kerja lebih banyak menyesuaikan dengan kondisi yang ada di Mapala Hang Tuah, ataupun di lingkungan masyarakat itu sendiri. Karena Mapala itu lebih banyak kegiatan pengabdian terhadap masyarakat, bangsa, dan tanah air seperti Konservasi Lingkungan," ucapnya.

Ketua STISIPOL Raja Haji Endri Sanopaka S.Sos MPM menyambut kedatangan anggota baru Mapala Hang Tuah setelah pulang dari Diksar dengan memandikan dengan kembang. F-Istimewa/Mapala Hang Tuah STISIPOL.
Setelah selesai Melaksanakan Diksar   di Gunung Lengkuas, Anggota baru pulang ke kampus STISIPOL dan disambut oleh Ketua STISIPOL Raja Haji Tanjungpinang Endri Sanopaka S.Sos MPM disambut dengan mandi kembang sebagai tanda telah setelah melaksanakan Diksar.

Endri Sanopaka S.Sos MPM berharap kepada seluruh anggota Mapala Hang Tuah sebagai Unit Kegiatan Mahasiswa di Kampus STISIPOL Raja Haji dapat menjadi wadah untuk penyaluran minat dan bakat mahasiswa, juga bisa melakukan hal yang positif bagi pengembangan karakter.

“Kita selalu mengingatkan juga bahwa antara kegiatan akademik dan non akademik harus seimbang. Sukses akademik juga sukses non akademik,” ujar Endri di sela penyambutan Anggota baru Mapala Hang Tuah.

Acara upacara pembukaan dan penutupan Diksar Mapala Hang Tuah ini di hadiri oleh mapala se-Kepri dan ada dari mafakumpala Universitas Islam Riau (UIR).
Upacara penutupan Diksar ke XVI Mapala Hang Tuah STISIPOL Raja Haji di Gunung Lengkuas. F-Istimewa/Mapala Hang Tuah STISIPOL

Tidak ada komentar:

Posting Komentar

Post Top Ad

Your Ad Spot